R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Cara Menghindari Malware FluBot di Android HP Kamu

Cara Menghindari Malware FluBot di Android - Bisakah kita, sebagai komunitas teknologi kolektif, semua setuju bahwa penipuan dan peretasan berbahaya itu buruk dan kita tidak boleh melakukannya lagi? Tidak? OK, kembali ke kenyataan, di mana ponsel Android Anda diserang oleh penipuan malware lain, dan menggunakan taktik jahat lain untuk melakukannya. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang FluBot, dan bagaimana menjaga data Anda tetap aman.


Sejarah singkat FluBot

FluBot bukanlah ancaman baru, tetapi pasti mengalami kebangkitan. Malware ini pertama kali membesarkan kepalanya pada awal 2021, yang berasal dari Spanyol dan membuat jalan melalui Inggris dan seluruh Eropa. Ini menginfeksi smartphone korban dimulai dengan SMS yang menyamar sebagai peringatan resmi dari perusahaan pengiriman yang memberi tahu korban bahwa paket akan tiba, dan mendorong mereka untuk mengetuk URL untuk melacaknya.

Melakukan hal itu memunculkan halaman yang menginstruksikan pengguna untuk mengunduh aplikasi pelacakan untuk paket. Aplikasi pelacakan — kejutan, kejutan — ternyata malware, menyuntikkan smartphone dengan malware jahat yang memata-matai aktivitas smartphone pengguna. Tujuannya, tentu saja, adalah untuk mencuri informasi login keuangan sehingga peretas dapat merampok rekening bank Anda. Betapa bijaksananya.

FluBot memiliki trik baru di lengan bajunya

Hacker seperti orang-orang di belakang FluBot berkembang dari ketidaktahuan skema dan penipuan mereka. Dengan demikian, mereka mungkin melihat pengembalian yang semakin berkurang ketika daerah-daerah yang terkena dampak di dunia belajar tentang malware; Lembaga pemerintah di negara-negara yang ditargetkan FluBot memperingatkan warga tentang Flubot, mengekspos jenis pesan yang akan mencoba menipu pengguna untuk mengunduh masalah di tempat pertama.

Jadi, apa yang harus dilakukan hacker FluBot? Mereka harus berevolusi. Sama seperti tim Inception membawa perhatian tanda ke sifat mimpi, para peretas membawa mata dunia ke FluBot. Sekarang ketika Anda mengetuk tautan di pesan teks berbahaya mereka, mereka mengeluarkan peringatan pop-up bahwa ponsel mereka terinfeksi FluBot. Satu-satunya cara untuk menghapus FluBot, menurut FluBot, adalah dengan mengunduh "pembaruan keamanan Android." (Pembaruan keamanan Android", tidak mengherankan, terinfeksi FluBot.)

Anda mungkin juga melihat pop-up ini sebagai peringatan bahwa Anda memiliki pesan suara khusus yang hanya dapat Anda dengarkan melalui aplikasi tertentu (bukan salah satu ide mereka yang paling meyakinkan, menurut pendapat saya). Skema ini menyebar ke seluruh dunia; CERT NZ, Tim Tanggap Darurat Komputer Selandia Baru, baru-baru ini mengeluarkan posting blog yang sangat baik tentang masalah ini untuk warganya, tetapi itu berlaku untuk siapa saja yang mungkin menghadapi penipuan FluBot.

Cara mencegah FluBot menginfeksi ponsel cerdas Anda

Pertama, dan yang paling jelas, jangan klik tautan ini. Jangan klik tautan aneh pada umumnya, seperti yang meminta Anda untuk melacak paket yang tidak Anda pesan. Itu hanya praktik terbaik cybersecurity di sana; Selalu verifikasi legitimasi tautan sebelum membukanya, apakah itu di smartphone, tablet, atau komputer. Perhatikan bahwa hanya ponsel Android yang terkena FluBot; iPhone dapat menerima pesan dan membuka pop-up, tetapi aplikasi tidak dapat diinstal di iOS.

Anda juga dapat memastikan bahwa aplikasi Android Anda tidak dapat menginstal aplikasi lain yang tidak dikenal tanpa izin Anda. Itu akan mencegah aplikasi seperti FluBot menyelinap masuk ke perangkat Anda. Untuk Android 8 atau yang lebih baru, buka Pengaturan > Aplikasi > Akses khusus > Instal aplikasi yang tidak dikenal, lalu pastikan "Tidak diizinkan" diatur untuk aplikasi Anda. Jika ada aplikasi yang mengatakan "Diizinkan," alihkan ke "Tidak diizinkan." Untuk Android 7 atau yang lebih lama, buka Pengaturan > Keamanan (atau Lockscreen dan Keamanan), dan pastikan "Sumber tidak dikenal" dinonaktifkan.

Jika Anda telah mengetuk tautan dalam pesan teks, tetapi tidak mengunduh aplikasi apa pun, kabar baiknya adalah tampaknya tidak ada risiko saat ini. Seperti yang kita pahami, FluBot hanya efektif setelah Anda benar-benar mengunduh aplikasi yang terkait dengan tautan di pop-up; Tautan di SMS hanya membawa Anda ke pop-up, sehingga proses itu saja seharusnya tidak menginfeksi ponsel Anda dengan malware. Namun, CERT NZ merekomendasikan Anda mengubah kata sandi Anda jika Anda mengetuk tautan SMS itu, hanya untuk aman.

Dan OK, katakanlah Anda memilih tautan di pop-up, dan Anda mengunduh aplikasi FluBot tersembunyi di dalamnya. Jangan panik. Factory reset ponsel Anda untuk benar-benar menghapus jejak FluBot di perangkat Anda, atau pulih dari cadangan dari sebelum Anda mengunduh aplikasi FluBot. Kemudian ubah semua kata sandi untuk akun yang terhubung. Anda juga ingin menghubungi bank Anda untuk memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan di akun Anda. Dan kemudian jangan pernah mengklik atau mengetuk tautan tak terduga lagi.


Related Posts
Newest Older

Related Posts

Post a Comment